Monday, September 26, 2016

Feeling Ekstrovet (Fe)

Fe adalah singkatan dari Feeling extrovert.  Jika huruf F berdiri sendiri merupakan identitas sebagai Mesin-Kecerdasan.  Menurut konsep STIFIn ragam mesin kecerdasan hanya ada lima, dan F adalah salah satu diantara 5 Mesin-Kecerdasan tersebut.  Identitas Mesin-Kecerdasan berubah menjadi kepribadian ketika Mesin-Kecerdasan digandengkan dengan jenis kemudi di belakangnya.  Jenis kemudi kecerdasan hanya ada dua, yaitu I (introvert) dan e (extrovert).  Dengan demikian Fe sudah menjadi identitas kepribadian.  F ditulis dengan huruf besar karena pengaruhnya lebih besar dari e yang ditulis dengan huruf kecil yang berperan hanya sebagai kemudi kecerdasan.





Pengertian sederhana dari Feeling  extrovert adalah jenis kepribadian yang berbasis kecerdasan emosi atau perasaan yang proses kerjanya dikemudikan dari luar dirinya menuju ke dalam dirinya.  Kepribadian Fe ini memiliki kekhasan karena memiliki kemampuan sosial yang melebihi delapan jenis kepribadian yang lain.  Kelebihan ini dapat disepadankan dengan kecerdasan sosial atau disebut Sec-Q (Social Quotient).

Sistem operasi pada tipe Fe berada di belahan otak bagian bawah sebelah kanan atau disebut sebagai limbik kanan.  Pada limbic kanan tersebut menjadi yang menjadi kemudi kecerdasannya berada di lapisan abu-abu yang letaknya di bagian luar atau permukaan otak.  Limbik kanan abu-abu itulah yang menjadi sistem operasi tipe Fe.

Lapisan yang berwarna abu-abu memiliki tekstur otak yang lebih longgar karena mengndung sel otak lebih sedikit.  Kerapatan yang lebih rendah dibandingkan dengan lapisan bagian dalam tersebut membuat kemudi bergerak dari luar ke dalam.  Hal ini menyebabkan “tuan yang punya badan” lebih malas bergerak melakukan aktifitas kecuali ada pengaruhnya dari luar yang membangkitkan mood-nya untuk bersosialisasi.

Mesin-Kecerdasan F sesungguhnya identik dengan pernafasan.  Mereka memiliki kapasitas pernafasan yang besar.  Kapasitas pernafasan yang kuat itu disebabkan karena orang F memiliki mesin yang besar.  Mesin itu berupa jantung dan paru-paru yang besar.  Dengan mesin yang besar ini orang F dapat memompa oksigen lebih banyak ke dalam darah.  Tipe Fe lebih bergantung kepada suplai baterai  (charger) yang datang dari luar dirinya.  Mesin yang besar harus dinyalakan dari luar namun begitu mesin menyala maka akan beraksi sedikit menggebu-gebu.  Bentuk (konstitusi) fisik orang F secara umum disebut dengan displastik, karena bawaannya yang besar tersebut didukung oleh tulang yang kecil sehingga bawaannya terasa berat.  Karena mesinnya besar maka bentuk bagannya terlihat lebar dan tebal.  Akibatnya pada bagian punggung seperti ini lebih sulit digerakkan (disebut displastik).  Pada tipe Fe mesin yang besar tersebut ditopang oleh tulang yang lebih kecil.  Tinggi badan Fe lebih pendek.  Sehingga lebih terkesan seperti pendekar (pendek dan kekar).  Secara fisik ia dapat menggunakan pernafasan dalam yang bersumber dari paru-parunya.  Namun karena charger baterainya bersumber dari luar maka tipe Fe memiliki kapasitas pernafasan lebih dangkal.


Peranan Fe adalah Owner (Pemilik)
·      



Intisari Tentang Anda: 

Kecerdasan Anda Feeling yang berarti merujuk kepada perasaan Anda, yang membuat Anda pandai memahami orang lain.  Kecerdasan tersebut dikemudikan bergerak dari luar ke dalam sehingga Anda menjadi hebat dalam persahabatan dan hubungan sosial.

·      Sistem operasi otak berada di:
Belahan Limbik Kanan, Lapisan Kelabu (luar)
·      Jenis kecerdasan:
Social Quotient (kecerdasan pada kesosialan/kemasyarakatan)
·      Peranan:
Owner (Pemilik)
·      Kelebihan:
Magnifying (Pembesaran)
·      Target:
People (Orang)
·      Harapan
Coaching (Penggemblengan)
·      Arah Merek
Merek pada tim
·      Tabiat terhadap uang
Ambil resiko
·      Bentuk Jasmani
Displastis yang kecil
·      Kekuatan Jasmani
Pernafasan dangkal
·      Fungsi Tubuh
Stamina jarak menengah
·      Personality (kepribadian) yang kuat yang dapat diriset  secara prikometrik:
Emphaty                                         :  Empati
Tolerant                                          :  Toleransi
Communicative                               :  Senang bicara/bercakap
Listener                                           :  Senang mendengar/pendengar yang baik
Sympathetic                                     :  Simpatik
Persuasive                                       :  Pandai meyakinkan orang/membujuk
Affectionate                                     :  Penuh kasih sayang
Refreshing                                        :  Menyegarkan
Considerate                                      :  Baik budi, penuh perhatian.
Guiding                                             :  Membimbing/Menunjukkan

Kemistri Fe adalah (Dicari) Cinta

·      Empat Kata Kunci
Merasakan, Pernafasan, Memimpin, Mencintai
·      Cara Belajar
Mendiskusikan dengan guru/teman sambil memperbanyak item (hal, pokok, soal) yang direview (ditinjau ulang) verbal (secara lisan).
·      Mengingkatkan Minat Belajar    : 
Dipuji dan didampingi supaya meningkatkan mood (suasana hati) belajar sesaatnya.
·      Klu diri:
Mencari Platform (Panggung, podium) untuk memperkuat pengaruhnya.
·      Kemistri
Dicari Cinta

·      Keutamaan Sekolah menuju karir di industri yang sesuai: 
Psikologi, Komunikasi, Diplomasi, Humas/Promosi.
·      Sekolah menuju profesi pilihan lainnya:
Politisi, eksekutif, lawyer (pengacara) kesenian, investor, negarawan, trainer/public speaker (Pembicara Publik), administrasi negara, seniman, budayawan, hubungan internasional, salesman, inspirator, motivator, psikiater, counselor (penasihat), ideolog, personalia, birokrat, aktifis, atlit maraton.

·      Sisi positif yang perlu dibina dan hal yang perlu diwaspadai dari anda sendiri:
Pendengar seperti sponge/spon namun sebenarnya berhati kenyal, peduli orang lain meski abai terhadap satu per satu persoalan orang lain, selalu ada misi baru namun terlalu mudah menyerah, jika sedang bersih hati mudah mendapat ilmu tinggi namun justru jarang membersihkan hatinya, memiliki kepasrahan yang tinggi namun sebenarnya sikap itu datang dari malas berpikir dan menggampangkan banyak hal.

Ciri Kepribadian Feeling Extrovert (Fe)
Kepribadian ini adalah kepribadian ‘sponge’, semua pembicaraan orang diserap mentah-mentah.  Mereka seperti pendengar yang baik, namun sebenarnya mereka tidak mau dibantah.  Meski secara fisik mereka terlihat berdialog dan mendengar pembicaraan, sebenarnya mereka ‘keras-hati’ dengan kemauannya. Artinya di dalam hatinya sesungguhnya mereka anti dialog.  Mereka memiliki mata yang kuat sayangnya mata lebih banyak digunakan untuk konsumtif dan malas berfikir. Mereka memiliki kepedulian yang tinggi terhadap orang lain meskipun terkadang abai terhadap satu persatu persoalan orang lain.  Selalu memiliki misi pribadi namun terlalu cepat menyerah ketika menghadapi halangan. 

Gagal di satu tempat segera mereka membuat misi baru, sehingga terkesan angin-anginan.  Hal yang paling hebat pada mereka adalah mendapatkan karunia ilmu laduni  ketika diri mereka sedang bersih.  Ilmu laduni inilah yang lambat laun menjadikannya sebagai begawan ilmu tertentu.  Namun jika diri mereka tidak pernah bersih, mereka terjebak menjadi  penyalur nafsunya.  Meskipun mereka mudah mendapatkan ilmu laduni, bukan berarti mudah bagi mereka untuk berhubungan dengan Tuhannya.  Justru mereka susah khusyuk dalam beribadah.  Perhatian mereka mudah terpecah.
Kepribadian mereka cengeng, lebih mudah menangis, namun sebenarnya mereka tahan banting.  Memiliki kepasrahan yang tinggi kepada Tuhannya, karenanyalah mereka seringkali menjadi penyembuh, penyadar, atau pencuci dosa. Meskipun mereka malas berpikir biasanya secara given diberi kepala yang lebih besar sehingga sumberdayanya cukup baik. Termasuk orang pintar.  Kelemahannya adalah kurang percaya diri dengan ilmu-ilmunya yang kurang logis atau bukan dari hasil karya ‘peras otak’ sendiri, makanya mereka paling senang menyebut  ‘kata orang’.


http://stifinjogja.blogspot.my/2012/07/mesin-kecerdasan-feeling-extrovert-fe.html
 

No comments:

Post a Comment