Monday, September 26, 2016

Feeling Introvert (fi)

Feeling Introvert (Fi)

Pengertian sederhana dari Feeling introvert adalah jenis kepribadian yang berbasiskan kecerdasan emosi atau perasaan yang proses kerjanya dikemudikan dari dalam dirinya menuju ke luar dirinya. Kepribadian Fi ini memiliki kekhasan karena memiliki kemampuan emosi yang melebihi delapan jenis kepribadian yang lain. Kelebihan ini dapat disepadankan dengan kecerdasan emosi atau disebut EQ (Emotional Quotient).


Sistem operasi pada sistemFi berada di belahan otak bagian bawah di sebelah kanan atau disebut sebagai limbik kanan. Pada limbik kanan tersebut yang menjadi kemudi kecerdasannya berada di lapisan putih yang letaknya di bagian dalam. Limbik kanan putih itulah yang menjadi sistem operasi tipe Fi.

Lapisan yang berwarna putih memiliki tekstur otak yang lebih padat karena mengandung sel otak lebih banyak. Kerapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan lapisan bagian luar tersebut membuat kemudi kecerdasan bergerak dari dalam ke luar. Hal ini menyebabkan ‘tuan yang punya badan’ menjadi seolah tidak berhenti untuk tebar pesona atau memancarkan kharismanya sebagai pemimpin.


Mesin-Kecerdasan F sesungguhnya identik dengan pernafasan. Mereka memiliki kapasitas pernafasan yang besar. Kapasitas pernafasan yang kuat itu disebabkan karena orang F memiliki mesin yang besar. Mesin itu berupa jantung dan paru-paru yang  besar. Dengan mesin yang besar ini orang F dapat memompa oksigen yang lebih banyak ke dalam darah. Tipe Fi terlebih lagi karena ditunjang oleh ketersediaan baterai (charger) yang ada di dalam dirinya menyebabkan Fi seperti memiliki kekuatan emosi yang lebih kuat. Bentuk (konstitusi) fisik orang F secara umum disebut sebagai displatik, karena mesin yang besar tersebut didukung oleh tulang yang kecil sehingga bawaannya terasa berat. Karena mesinnya besar maka bentuk badannya terlihat lebar dan tebal. Akibatnya pada bagian punggung seperti lebih sulit digerakkan (disebut displastik). Pada tipe Fi, karena charger baterainya ada di dalam maka seperti memiliki daya pancar emosi yang lebih kuat. Secara fisik ia dapat menggunakan pernafasan dalam yang bersumber dari paru-parunya.


Kekuatan pernafasan karena mesin yang besar tersebut dapat digunakan untuk jenis olahraga yang memerlukan stamina jarak jauh dan jangka panjang seperti lari marathon. Juga dengan pernafasan yang panjang tersebut  secara mental ia memiliki potensi kekuatan mental yang lebih baik. Mampu mendengar bahasa hati orang lain lebih lama. Bahkan mampu menjaga perasaan dan berempati lebih baik dari orang lain. Atau juga ia seperti memiliki kadar cinta yang lebih banyak, baik untuk mencintai ataupun dicintai.


  Intisari Tentang Anda:
Kecerdasan Anda Feeling yang berarti merujuk kepada perasaan Anda, yang membuat Anda pandai memahami orang lain.  Kecerdasan tersebut dikemudikan bergerak dari dalam ke luar sehingga Anda memancarkan pengaruh kuat dalam memimpin.

·      Sistem operasi otak berada di:
Belahan Limbik Kanan, Lapisan Putih (dalam)
·      Jenis kecerdasan:
Emotional Quotient (kecerdasan pada perasaan)
·      Peranan:
Leader (Pemimpin)
·      Kelebihan:
Popularity (Ketenaran)
·      Target:
Visi (Pandangan Jauh)
·      Harapan
Leading (Kepemimpinan)
·      Arah Merek
Merek pada kepemimpinannya
·      Tabiat terhadap uang
Juragan (owner)
·      Bentuk Jasmani
Displastis yang besar
·      Kekuatan Jasmani
Pernafasan dalam
·      Fungsi Tubuh
Stamina jarak panjang
·      Personality (kepribadian) yang kuat yang dapat diriset  secara prikometrik:
convincing                                       :  Meyakinkan
Idealistic                                          :  Idealistis
Leader                                            :  Pemimpin
Kindful                                            :  Baik hati, ramah
Reflective                                        :  Reflektif, memantul, termenung
Popular                                           :  Terkenal
Promoter                                         :  Penyelenggara, promotor
Diplomatic                                       :  Diplomatis, pandai
Friendship-appeal                            :  Persahabatannya menarik

·      Empat Kata Kunci
Merasakan, Pernafasan, Memimpin, Dicintai
·      Cara Belajar
Mendengar di kelas, rekam ke MP3, dengar ulang sampai dapat ‘feel’nya.
·      Mengingkatkan Minat Belajar    : 
Menempelkan sentuhan emosi pada motif sesaatnya.
·      Klu diri
Mencari Platform (Panggung, podium) untuk memperkuat pengaruhnya.
·      Kemistri

Mencari Cinta


Keutamaan Sekolah menuju karir di industri yang sesuai
Politik, Kepemerintahan, Hukum, Kesenian.
·      Sekolah menuju profesi pilihan lainnya:
Psikolog, komunikasi, diplomat, humas, promotor, investor, negarawan, trainer/public speaker (Pembicara Publik), administrasi negara, seniman, budayawan, hubungan internasional, salesman, inspirator, motivator, psikiater, counselor (penasihat), ideolog, personalia, lawyer (pengacara/advokat), birokrat, aktifis, atlit maraton, dll.

·      Sisi positif yang perlu dibina dan hal yang perlu diwaspadai dari anda sendiri:
Semangat tinggi namun di sebalik itu ingin dimanja dan diperhatikan, halis dan lembut terkadang menyengat, pemimpin yang berkharisma namun kebiasaan buruknya mudah tersinggung, penolong namun menghitung nilai balas budi,, komunikator yang memperngaruhi orang lain namun komitmen terhadap ajarannya lemah, mampu berempati namun terkadang lamban beraksi.

Ciri Kepribadian Feeling Introvert (Fi)
Kepribadian jenis ini adalah kepribadian libido.  Hasrat dan nafsunya selalu bergelora.  Meskipun libidonya tinggi, namun di sebalik itu mereka ingin dimanja dan diperhatikan. Kepribadiannya halus dan lembut namun begitu diusik meraka akan menyengat seperti lebah. Kemampuan organisatorisnya hebat  seperti seorang pemimpin yang berkharisma.  Namun kebiasaaan buruknya adalah begitu sensitif dan mudah tersinggung yang membawa kepada dendam. Mereka seorang pemberi  dan penolong, namun di balik pemberiannya mereka menaruh sikap curiga dan berhitung nilai balas budi orang lain. Mereka jenis komunikator yang hebat dan pandai menyampaikan rencananya mempengaruhi orang lain.
Bahkan tergolong memiliki banyak rencana, lucunya mereka seringkali lupa dengan rencana-rencananya karena saking banyaknya. Atau lebih disebabkan karena ingatan jangka panjangnya lemah, ditambah komitmen terhadap rencananya longgar.  ‘Hangat-hangat tahi ayam’. Kehebatannya adalah kemampuannya berempati sehingga mereka seolah-olah bisa masuk lebih dalam pada diri orang lain. Sehingga mereka sangat mahir dalam menakar orang, melihat niat baik-buruknya orang lain. 
Kemampuan menakar orang ini seringkali terganggu oleh sifatnya yang mencerna semua informasi yang masuk tanpa olah fikiran terlebih dahulu dan mudah percaya orang. Akibatnya sering rugi besar di saat-saat kritis yang sepatutnya beruntung jika mereka hati-hati. Mereka dadanya lebar sebagai pertanda jenis pengayom  yang hebat walaupun mereka paling tidak senang digurui. Obsesi mereka tinggi dan akan bisa dicapainya jika mereka tidak malas beraksi. Malas beraksi inilah justru yang menjadi kendalanya dalam banyak hal. Sehingga orang menyebut mereka lamban.


http://stifinjogja.blogspot.my/2012/07/mesin-kecerdasan-feeling-introvert-fi.html



 

No comments:

Post a Comment