Monday, September 26, 2016

INtuiting Extrovert

Intuiting Extrovert (Ie)

Ie adalah singkatan dari Intuiting extrovert. Jika huruf I berdiri sendiri merupakan identitas sebagai Mesin-Kecerdasan. Menurut konsep STIFIn ragam Mesin-Kecerdasan hanya ada lima, dan I adalah salah satu diantara 5 Mesin-Kecerdasan tersebut. Identitas Mesin-Kecerdasan berubah menjadi kepribadian ketika Mesin-Kecerdasan digandengkan dengan jenis kemudi di belakangnya. Jenis kemudi kecerdasan hanya ada dua, yaitu i (introvert) dan e (extrovert). Dengan demikian Ie sudah menjadi Identitas-Kepribadian. I ditulis dengan huruf besar karena pengaruhnya sebagai Mesin-Kecerdasan lebih besar dari e yang ditulis dengan huruf kecil yang berperan hanya sebagai kemudi kecerdasan.

Pengertian sederhana dari Intuiting extrovert adalah jenis kepribadian yang berbasiskan kecerdasan indera keenam (intuisi) yang proses kerjanya dikemudikan dari luar dirinya menuju ke dalamdirinya. Kepribadian Ie ini memiliki kekhasan karena memiliki kemampuan kreativitas yang meruang (spatial) yang melebihi delapan jenis kepribadian yang lain. Kelebihan ini dapat disepadankan dengan kecerdasan spatial atau disebut Sp-Q (Spatial Quotient).

Sistem operasi pada tipe Ie berada di belahan otak bagian atas di sebelah kanan atau disebut sebagai otak besar kanan atau diringkas otak kanan. Pada otak kanan tersebut yang menjadi kemudi kecerdasannya berada di lapisan abu-abu yang letaknya di bagian luar atau permukaan otak. Otak kanan abu-abu itulah yang menjadi sistem operasi tipe Ie.

Lapisan yang berwarna abu-abu memiliki tekstur otak yang lebih longgar karena mengandung sel otak lebih sedikit. Kerapatan yang lebih rendah dibandingkan dengan lapisan bagian dalam tersebut membuat kemudi kecerdasan bergerak dari luar ke dalam. Hal ini menyebabkan ‘tuan yang punya badan’ ketika memiliki ide yang bagus dibawa mendarat ke bumi agar bisa lebih diterima oleh masyarakat atau lingkungannya. Oleeh karena itu seringkali pada orang I secara umum memiliki bentuk bahu yang miring seolah-olah ibarat roket yang dipandu oleh kepalanya khususnya otak kanannya.

Mesin-Kecerdasan I sesungguhnya identik dengan perut panjang. Mereka memiliki perut yang panjang dimana di dalamnya terdapat usus yang panjang. Perut panjang tersebut rupanya merupakan ciri bagi orang I yang mengolah makanan menjadi tenaga anaerobik dan disimpan dalam otot yang berwarna putih. Tenaga anaerobik yang terdapat pada otot putih ini merupakan tenaga yang tidak stabil dan meledak-ledak. Itu mengapa jenis tenaga ini akan bagus untuk melakukan sprint dengan kecepatan tinggi. Tenaga anaerobik merupakan tenaga yang eksplosif. Tentu saja otot putih ini mesti sering digunakan supaya otot berkembang dan memiliki kapasitas menyimpan tenaga anaerobik yang lebih banyak. Tipe Ie menjadi lebih tidak stabil karena ketersediaan baterai (charger) yang ada di luar dirinya menyebabkan Ie seperti memiliki daya ledak yang eksplosif seketika. Selain memiliki bentuk (konstitusi) fisik yang astenis (jangkung) dan tipis juga orang Ie memiliki kepala yang lebih pipih mengarah ke belakang sehingga memudahkan menyerap aspirasi horizontal tanpa kehilangan orientasi vertikalnya. Hal ini dapat diibaratkan seperti alien yang mendarat ke bumi.

Intisari Tentang Anda:

     Kecerdasan Anda Intuiting yang berarti merujuk kepada indra keenam Anda, yang sekaligus menjadi otak kreatif Anda.  Kecerdasan tersebut dikemudikan bergerak dari luar ke dalam, sehingga Anda pandai memprediksi kecenderungan bisnis ke depan.

·      Sistem operasi otak berada di:
Belahan Otak Kanan, Lapisan Kelabu (luar)
·      Jenis kecerdasan:
Spatial Quotient (Sp-Q)
·      Peranan:
Reformer (Pembaharu)
·      Kelebihan:
Inovation (Karya Cipta)
·      Target:
Quality (Kualitas)
·      Harapan
Assembling (Kreativitas perakitan)
·      Arah Merek
Merek pada kualitas kerjanya
·      Tabiat terhadap uang
Maju
·      Bentuk Jasmani
Astenis yang tipis
·      Kekuatan Jasmani
Otot putih lembut
·      Fungsi Tubuh
Sprinter (Pelari) jarak pendek
·      Personality (kepribadian) yang kuat yang dapat diriset  secara prikometrik:
Inspiring                                          :  Penyemangat, Pemberi inspirasi
Solver                                             :  Pemecah (masalah/problem)
Benchmarker                                  :  Penolok okur
Expressive                                      :  Ekspresif
Respectful                                       :  Sopan, menghormati
Assemblies                                     :  Merakit, mengumpulkan, menyusun.
Detective                                        :  Mata-mata
Selective                                         :  Pemilih
Diesel                                             :  Disel (mesin)

·      Empat Kata Kunci:
Mengarang, perut panjang, perubahan, rakitan.
·      Cara Belajar:
·      Merumuskan tema yang dipelajari, fasilitasi dengan peraga bongkar pasang, dan sesekali melatih soal.
·      Mengingkatkan Minat Belajar    :
Diberi ruang gerak dan difasilitasi minatnya.
·      Klu diri:
Mencari Bisnis untuk mengkapitalisasi asetnya
·      Kemistri:
Mendaratkan Kata

·      Keutamaan Sekolah menuju karir di industri yang sesuai:
Kewirausahaan/Investasi, Pendidikan/Pelatihan, Sastra, Cinematografi (Pembuatan Film), Spionase/Kepolisian.
·      Sekolah menuju profesi pilihan lainnya:

Pengusaha/Investor, bisnis pendidikan/pelatihan, penulis sastra, cinematografis (Pembuatan film), detektif, seniman, pengusaha, peneliti sains murni, fisikawan quantum, pencipta lagu, reengineering (rekayasa ulang), peramal bisnis, pemain saham, investor, filosof, pakar pembelajaran/pemodul, event organizer, produsen, desainer, ahli kreatif berbagai bidang, arsitek, sutradara, pelukis abstrak, pesulap, peramal, pialang saham, atlit (sprinter/pertandingan, penyembuh, cenayang, dll.
·  
  Sisi positif yang perlu dibina dan hal yang perlu diwaspadai dari anda sendiri:
Ibarat detektif yang hebat menginvestigasi maka ia harus berjarak dengan lingkungannya, memuja misi pribadinya namun enggan terbebani dengan hubungan yang mendalam, intuisi dan kreativitasnya meluas namun ada kalanya ia lari secara asketis atau melakukan pesta pelampiasan, ide-ide besar di-assembling (dikumpulkan/dirakit) dengan idenya sendiri untuk menjadi lebih bernilai namun sayangnya ia bergantung pada mastermind-nya (dalangnya), selalu ingin perubahan secara kontekstual dan progresif namun tidak menyadari api permusuhan yang menentangnya.

Ciri Kepribadian Intuiting Extrovert (Ie)

Kepribadian layaknya seorang detektif.  Menemukan mana rangkaian peristiwa yang terputus dan mereka pandai merangkainya secara imaginer.  Sebagai seorang detektif, oleh karenanya mereka tidak mau terlalu jauh berkenalan dengan orang lain.  Cukup sebatas kenal saja, karena mereka takut terbebani dengan hubungan yang lebih mendalam. Mereka memberikan standar yang tinggi bagi dirinya untuk menjalani misi pribadinya meskipun kerap kali di beberapa area masih ada bolong-bolong kurang seksama penanganannya.

Kepribadiannya aktif  dan tidak ketinggalan jaman, meskipun juga terkadang mereka kerap kali lari dari dunia realitas dan menjadi orang yang asketis. Kehebatannya adalah kepada penjelajahan intuisinya dan ruang kreativitasnya yang begitu luas, namun tetaplah mereka bukan manusia langka yang terpisah.  Mereka juga memerlukan pesta pelampiasan dengan berhura-hura bersama teman-teman semisinya.  Cara kerjanya seperti seorang assembler ide. Ide-ide besar mereka rangkai dengan idenya sendiri untuk menjadi sesuatu yang lebih berguna.  Sayangnya kepribadian sang assembler ide ini tergantung dengan orang lain, kurang mandiri. Sebenarnya mereka bukanlah orang yang minderan tetapi mereka perlu mendapatkan pengesahan dari orang lain.

Jika sudah menjalankan mesinnya untuk mengejar misi, mereka mampu hidup terasing berpisah dari entitasnya sendiri. Pemikirannya sistemik, walaupun secara pribadi mereka mengabaikan orang lain.  Sungguh pandai membuat alligning masalah ataupun program namun pada saat yang sama tidak betah berlama-lama dalam status quo.  Mereka selalu menghendaki perubahan. Senantiasa berubah.


Kredit Untuk : http://stifinjogja.blogspot.my/2012/07/mesin-kecerdasan-intuiting-extrovert-ie.html
 

No comments:

Post a Comment