Monday, September 26, 2016

Intuitung Introvert (Ii)


Intuiting Introvert (Ii)

Ii adalah singkatan dari Intuiting introvert. Jika huruf I berdiri sendiri merupakan identitas sebagai Mesin-Kecerdasan. Menurut konsep STIFIn ragam Mesin-Kecerdasan hanya ada lima, dan I adalah salah satu diantara lima Mesin-Kecerdasan tersebut. Identitas Mesin-Kecerdasan berubah menjadi kepribadian ketika Mesin-Kecerdasan digandengkan dengan jenis kemudi di belakangnya. Jenis kemudi kecerdasan hanya ada dua, yaitu i (introvert) dan e (extrovert). Dengan demikian Ii sudah menjadi identitas kepribadian. I ditulis dengan huruf besar karena pengaruhnya sebagai mesin kecerdasan lebih besar dari i yang ditulis dengan huruf kecil yang berperan hanya sebagai kemudi kecerdasan.

Pengertian sederhana dari Intuiting introvert adalah jenis kepribadian yang berbasiskan kecerdasan indera keenam (intuisi) yang proses kerjanya dikemudikan dari dalam dirinya menuju ke luar dirinya. Kepribadian ini memiliki kekhasan karena memiliki kemampuan kreativitas dan intuisi yang melebihi dengan jenis kepribadian yang lain. Kepribadian ini dapat disepadankan dengan kecerdasan kreatif atau disebut CQ (Creativity Quotient).

Sistem operasi pada tipe Ii berada di belahan otak bagian atas di sebelah kanan atau disebut sebagai otak besar kanan atau diringkas otak kanan. Pada otak kanan tersebut yang menjadi kemudi kecerdasannya berada di lapisan putih yang letaknya di bagian dalam. Otak kanan putihh itulah yang menjadi sistem operasi tipe Ii.
Lapisan yang berwarna putih memiliki tekstur otak yang lebih padat karena mengandung sel otak lebih banyak. Kerapatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan lapisan bagian luar tersebut membuat kemudi kecerdasan bergerak dari dalam ke luar. Hal ini menyebabkan ‘tuan yang punya badan’ ketika memiliki ide yang bagus seperti diberi mesin roket untuk terbang ke angkasa bersama ide tersebut.
Mesin-Kecerdasan I sesungguhnya identik dengan perut panjang. Mereka memiliki perut yang panjang dimana di dalamnya terdapat usus yang panjang. Perut panjang tersebut rupanya merupakan ciri bagi orang I yang mengolah makanan menjadi tenaga anaerobik dan disimpan dalam otot yang berwarna putih. Tenaga anaerobik yang terdapat pada otot putih ini merupakan tenaga yang tidak stabil dan meledak-ledak. Itu mengapa jenis tenaga ini akan bagus untuk melakukan sprint dengan kecepatan tinggi. Tenaga anaerobik merupakan tenaga yang eksplosif. Tentu saja otot putih ini mesti sering digunakan supaya otot berkembang dan memiliki kapasitas menyimpan tenaga anaerobik yang lebih banyak. Tipe Ii terlebih lagi karena ditunjang oleh ketersediaan baterai (charger) yang ada di dalam dirinya menyebabkan Ii seperti memiliki daya ledak yang kuat. Selain memiliki bentuk (konstitusi) fisik yang astennis (jangkung) tebal juga orang Ii memiliki tubuh sebagai penunjang bagi kepalanya untuk pergi terbang jauh bersama gagasannya. Oleh karena itu seringkali pada orang I secara umum memiliki bentuk bahu yang miring seolah-olah ibarat roket yang dipandu oleh kepalanya, khususnya otak kanannya.

·      Intisari Tentang Anda:Kecerdasan Anda Intuiting yang berarti merujuk kepada indra keenam Anda, yang sekaligus menjadi otak kreatif Anda.  Kecerdasan tersebut dikemudikan bergerak dari dalam ke luar, sehingga Anda cenderung menjadi trendsetter (penentu trend) di lingkungan profesi Anda

·      Sistem operasi otak berada di:
Belahan Otak Kanan, Lapisan Putih (dalam)
·      Jenis kecerdasan:
Creativity Quotient (kecerdasan pada kreativitas)
·      Peranan:
Initiator (Penggagas)
·      Kelebihan:
Invention (Penemuan)
·      Target:
Significance (Perubahan nyata)
·      Harapan
Creating (Penciptaan)
·      Arah Merek
Merek pada kualitas kerjanya
·      Tabiat terhadap uang
Kepuasan
·      Bentuk Jasmani
Astenis yang tebal
·      Kekuatan Jasmani
Otot putih kasar
·      Fungsi Tubuh
Sprinter (Pelari) jarak menengah

·      Personality (kepribadian) yang kuat yang dapat diriset  secara prikometrik:
Learner                                           :  Pembelajar
Assertive                                         :  Tegas
Perfectionist                                     :  Kesempurnaan untuk segala hal.
Crafty                                              :  Licik
Hard to please                                 :  Sulit untuk menyenangkan hati
Proud                                              :  Angkuh, sombong, bangga.
Deep                                               :  Mendalam
tenacious                                         :  Gigih, teguh
Selling Valuable                                :  Menjual yang bernilai/berharga.

·      Empat Kata Kunci
Mengarang, perut panjang, perubahan, murni.
·      Cara Belajar
Memahami konsep dengan ilustrasi, grafis, film, dan menyukai bahasa tubuh.
·      Mengingkatkan Minat Belajar    : 
Ditantang dengan memvisualkan (menggambarkan) big picture (gambar besar).
·      Klu diri :
    Mencari Program untuk menginkubasi ciptaannya
·      Kemistri  :   
    Menerbangkan Kata

·      Keutamaan Sekolah menuju karir di industri yang sesuai: 
Marketing/Periklanan, Lifestyle/mode (Gaya hidup), Penerbangan,  Argo-forestry (Ilmu Kehutanan).

·      Sekolah menuju profesi pilihan lainnya:
Pengusaha/Investor, bisnis pendidikan/pelatihan, penulis sastra, cinematografis (Pembuatan film), detektif, seniman, pengusaha, peneliti sains murni, fisikawan quantum, pencipta lagu, reengineering (rekayasa ulang), peramal bisnis, pemain saham, investor, filosof, pakar pembelajaran/pemodul, event organizer, produsen, desainer, ahli kreatif berbagai bidang, arsitek, sutradara, pelukis abstrak, pesulap, peramal, pialang saham, atlit (sprinter/pertandingan, penyembuh, cenayang, dll.
                                
·      Sisi positif yang perlu dibina dan hal yang perlu diwaspadai dari anda sendiri:
Berpikir positif namun sekaligus menghayal ala time tunnel (lorong waktu) seolah-olah semua bisa terjadi, menyenangkan sebagai mitra bisnis, namun tidak suka bicara pribadi, percaya diri sangat tinggi namun memacu “mesin”nya terlalu cepat seolah tanpa rem, atraktif dan estetik namun terkadang melewati jamannya, meski mahir membuat konsep tapi juga menguasai pekerjaan hilirnya namun menjadi terlalu masa-bodo dengan lingkungannya, terbuka dengan perbedaan pendapat namun tetap keras kepala dengan keyakinannya.


Ciri Kepribadian Intuitung Introvert (Ii)
Kepribadian yang selalu mempersepsi keadaan secara positif.  Meskipun mereka  positivis anehnya mereka seperti memiliki mesin ‘time tunnel’ yang seolah-olah kemanapun mereka mau pergi tinggal pencet tombol, sesuatu yang berlawanan dengan positivismenya mereka. Memiliki privasi yang kuat, ‘tidak ember’, mampu menyimpan rahasia pribadinya rapat-rapat namun mereka juga menyenangkan dijadikan sebagai mitra bisnis, walau bukan untuk bicara privasinya.  Bahkan mereka sangat pandai mencari mitra bisnis tanpa harus masuk ke wilayah privasi.  Keyakinannya yang kuat terhadap dirinya kerapkali mendudukkan dirinya sebagai pahlawan bagi sekitarnya.  Keyakinannya sering berlebihan  meskipun sebenarnya mereka punya kemampuan untuk sadar diri terutama ketika berinteraksi dengan orang lain.
Jika diibaratkan sebagai kendaraan,  mereka adalah jenis kendaraan tanpa rem.  Hantam terus. Melaju terus. Hanya ketika sudah mentok tidak berhasil mencapai tujuannya mereka langsung jatuh down.  Untuk memulihkan dari down-nya ini tidak mudah, karena mereka baru menabrakkan kendaraannya tanpa rem. Mereka pandai membuat intisari selain itu juga menyukai hal-hal detil-detil yang estetik.  Bahkan dirinya pandai menampilkan diri secara atraktif. Letak kehebatannya adalah pada kemampuannya membuat konsep dan begitu perfeksionis ketika mereka menjalani konsepnya. 

Kalau perlu mereka bersedia untuk turun tangan meskipun mereka konseptornya.  Akhirnya orang lain menganggap mereka ini lengkap mulai dari mengonsep hingga detil pelaksanaan.  Jenis kepribadian yang super keras kepala, meskipun demikian mereka terbuka untuk berbeda pendapat. Mereka sangat romantis, lucunya mereka juga ‘anak mami’


 

No comments:

Post a Comment