Monday, September 26, 2016

Sensing Extrovert (Se)

Sensing Extrovert (Se)


Kecerdasan Se Termasuk Kecerdasan Fisik (PQ)

Pengertian sederhana dari Sensing extrovert adalah jenis kepribadian yang berorientasi kecerdasan lima-indera yang proses kerjanya dikemudikan dari luar dirinya menuju ke dalam dirinya.  Kepribadian Se ini memiliki sebuah keunikan karena memiliki kemampuan fleksibilitas dan kekuatan otot yang melebihi delapan jenis kepribadian yang lain.  Kelebihan ini dapat disepadankan dengan kecerdasan fisik atau disebut PQ (Physical Quotient).

Sistem operasi pada tipe Se berada di belahan otak bagian bawah di sebelah kiri atau disebut sebagai limbik kiri.  Pada limbik kiri tersebut yang menjadi kemudi kecerdasannya berada di lapisan abu-abu yang terletak di bagian luar atau permukaan otak.  Limbik kiri abu-abu itulah yang menjadi sistem operasi tipe Se.

Lapisan yang berwarna abu-abu memiliki tekstur otak yang  lebih renggang karena mengandung sel otak lebih sedikit.  Kerapatan yang lebih rendah dibandingkan dengan lapisan bagian dalam tersebut membuat kemudi kecerdasan bergerak dari luar ke dalam.  Hal ini menyebabkan "tuan yang punya badan" menjadi seolah lebih malas untuk bergerak karena sumber biorimiknya tergantung pemicu dari luar.

Mesin kecerdasan S sesungguhnya identik dengan otot.  Mereka memiliki otot yang kuat.  Otot yang kuat disebabkan karena orang S memiliki otot merah tempat menyimpan tenaga aerobik.  Tentu saja otot itu mesti sering digunakan supaya otot berkembang dan menyimpan tenaga aerobik yang lebih banyak.  Tipe Se menyimpan potensi tenaga yang besar namun sangat tergantung dengan ketersediaan baterai (charger) yang justru ada di luar dirinya menyebabkan Se cenderung seperti diesel yang memulai dengan lambat tetapi lama kelamaan akan semakin kuat.  Bentuk (konstitusi) fisiknya atletis tetapi cenderung berukuran mungil namun ditunjang oleh keberadaan motorik halus sehingga memiliki kemampuan fleksibilitas fisik yang mengagumkan.
·      Intisari Tentang Anda:

Kecerdasan Anda Sensing berarti merujuk kepada panca indera anda, yang membuat anda konkrit dan praktis.  Kecerdasan tersebut dikemudikan bergerak dari luar ke dalam, sehingga Anda mudah kecipratan banyak peluang baru.

·      Sistem operasi otak berada di:
Belahan Limbik Kiri, Lapisan Kelabu (Luar)
·      Jenis kecerdasan:
Physical Quotient (kecerdasan pada jasmani/fisik)
·      Peranan:
Frontliner (Garda Depan)
·      Kelebihan:
Momentum (Kesempatan)
·      Target:
Opportunity (Peluang)
·      Harapan
Generating (Menghasilkan Laba)
·      Arah Merek
Merek pada jaminan dirinya
·      Tabiat terhadap uang
Boros
·      Bentuk Jasmani
Atletis yang kecil
·      Kekuatan Jasmani
Otot merah lembut
·      Fungsi Tubuh
Tenaga dan fleksibiliti (keluwesan)
·      Personality (kepribadian) yang kuat yang dapat diriset  secara prikometrik:
Adventurous                                  : Sangat berani/bersedia mengambil resiko/berjiwa petualang
Playful                                            :  Suka bermain
Demonstrative                                :  Lincah dan bebas gerak geriknya
Generous                                        :  Murah hati/dermawan.
Show offs                                       :  Suka pamer
Steady                                            :  Kokoh
Inoffensive                                     :  Tidak suka mengganggu
Endurance                                      :  Memiliki daya tahan
Deterministic                                  :  Deterministik


Kemistri Se adalah Dikejar Harta
·      Empat Kata Kunci:
Mengingat, Otot, Rajin, Tercetak.
·      Cara Belajar                              
     Menandai bacaan, merekam peraga secara visual, mengulang latihan soal.
·      Mengingkatkan Minat Belajar    :
Diiming-imingi dengan insentif yang terukur
·      Klu diri:
Mencari Ladang untuk menanam uangnya.
·      Kemistri:
Dikejar Harta

·   Keutamaan Sekolah menuju karir di industri yang sesuai:
Ekonomi, Olahraga, kemiliteran, perhotelan, sejarah.
·      Sekolah menuju profesi pilihan lainnya:
Ekonom, atlit, tentara, bisnis perhotelah, sejarahwan, bankir, pertanahan, dokter, jurnalis, keartisan, manufacturing (pabrik produksi), sekretaris, pustakawan, operator, pegawai/staf, penyanyi, pekerja pabrik, security, pelukis naturalis, fotografer, cameraman, presenter, penari, pekerja lapangandalam berbagai sektor, dll.

·      Sisi positif yang perlu dibina dan hal yang perlu diwaspadai dari anda sendiri:
Tahan banting seperti laki-laki tetapi manja seperti perempuan, eksposure (paparan) petualangannya luas namun internalisasi kedewasaannya lambat, seperti pemberani padahal sebenarnya kerdil, menjadi pendamping yang mudah disenangkan namun tidak mudah dibuat jatuh cinta, pembawaannya terkesan lembut padahal suaranya sering melengking, susah memulai kerja tetapi jika sudah mulai kerja determinasinya (urutan) kuat. Dermawan tapi boros sebagai penikmat, mengharapkan kepastian tetapi cepat merasa tersudut dan kemudian kabur.


Ciri & Kepribadian Sensing Extrovert (Se)


Kepribadian yang seperti berkelamin ganda.  Terkadang kokoh seperti laki-laki dan terkadang sangat manja seperti perempuan. Perempuan jenis ini kalau sudah menjanda akan cenderung menjadi single parent karena merasa tidak perlu orang lain, kewanitaannya dan kelaki-lakiannya seperti sama-sama ia miliki. Berjiwa petualang yang ingin pergi menjelajah semua dunia namun hatinya kerdil sering minder.  Hebat dalam hal bersilat lidah namun punya kekuatan sebagai pendamping yang menyenangkan.
Pembawaan sehari-harinya kalem, lembut, seperti seorang pemalas namun sesekali ia akan menjadi petir yang sangat kuat. Sosok yang begitu dermawan namun ia tidak akan menghabiskan semua hartanya karena ia selalu mau menyiapkan belanja untuk bersenang-senang.  Mereka jenis penikmat yang tiada tandingannya.
Dalam hal kemampuan mengingat keadan secara kronologis  mereka ahlinya dan itulah yang menjadi kekuatan dia untuk berdialog bahkan hingga debat kusir dengan lawan bicaranya. Kepribadian pekerja yang tangguh, namun mereka tidak suka bekerja dalam suasana ketidakpastian.  Mereka termotivasi dengan adanya  kepastian.  Meski ia jenis pendamping yang setia namun jika sudah dilukai adalah jenis kepribadian yang segera memutuskan untuk minggat. Jika dicederai akan mudah kabur.

Sensing Introvert (Si)


Si adalah singkatan dari Sensing Introvert.  Jika huruf S berdiri sendiri merupakan identitas Mesin-Kecerdasan.  Menurut konsep STIFIn ragam Mesin-Kecerdasan hanya ada lima, dan S adalah salah satu diantara 5 Mesin-Kecerdasan tersebut.  Identitas Mesin-Kecerdasan berubah menjadi kepribadian ketika Mesin-Kecerdasan digandengkan dengan jenis kemudi di belakangnya.  Jenis kemudi kecerdasan hanya ada dua, yaitu i (introvert) dan e (extrovert).  Dengan demikian Si sudah menjadi identitas kepribadian.  S ditulis dengan huruf besar karena pengaruhnya sebagai Mesin-Kecerdasan lebih besar dari i yang ditulis dengan huruf kecil yang berperan hanya sebagai kemudi kecerdasan.

Pengertian sederhana dari Sensing introvert adalah jenis kepribadian yang berbasis kecerdasan lima-indera yang proses kerjanya dikemudikan dari dalam dirinya menuju ke luar dirinya.  Kepribadian Si ini memiliki kekhasan karena memiliki kemampuan mengingat yang melebihi delapan jenis kepribadian yang lain.  Kelebihan ini dapat disepadankan dengan kecerdasan ingatan atau disebut MQ (Memory Quotient).

Sistem operasi pada tipe Si berada di belahan otak bagian bawah di sebelah kiri atau disebut sebagai limbik kiri.  Pada limbik kiri tersebut yang  menjadi kemudi kecerdasannya berada di lapisan putih yang letaknya di bagian dalam.  Limbik kiri putih itulah yang menjadi sistem operasi tipe Si.

Lapisan yang berwarna putih memiliki tekstur otak yang lebih padat karena mengandung sel otak lebih banyak.  kerapatan uang lebih tinggi dibandingkan dengan lapisan bagian luar tersebut membuat kemudi kecerdasan bergerak dari dalam ke luar.  Hal ini menyebabkan "tuan yang punya badan" menjadi seolah tidak bisa diam dan ingin selalu bergerak karena sumber bioritmiknya lebih dinamis.

Mesin-Kecerdasan S sesungguhnya identik dengan otot.  Mereka memiliki otot yang kuat.  Otot yang kuat itu disebabkan karena orang S memiliki otot merah tempat menyimpan tenaga aerobik.  Tentu saja otot  itu mesti sering digunakan supaya otot berkembang dan menyimpan tenaga aerobik yang lebih banyak.  Tipe Si terlebih lagi karena ditunjang oleh ketersediaan baterai (charger) yang ada di dalam dirinya menyebabkan Si seperti memiliki tenaga yang kuat.  Selain memiliki bentuk (konstitusi) fisik yang atletis besar (bongsor) juga orang Si memiliki kemahiran fisik yang ditunjang oleh motorik kasar.


Otot memiliki kemampuan mengingat yang disimpan pada bagian sel otot yang disebut myelin.  Otot yang terlatih memiliki myelin yang lebih berharga.  Kelebihan orang S justru terletak di harga myelin-nya yang terlatih.  Disebabkan fungsi otot, tipe Si lebih senang jenis pekerjaan yang memerlukan keuletan karena mereka memiliki stamina yang lebih hebat.  Kemudian digabungkan dengan kecerdasan yang berbasis panca indera, maka fungsi otot akan membuat tipe S menyukai pekerjaan berkeringat.  Hal ini juga yang membuat tipe S memilih peran sebagai pemain yang berada di lapangan atau di panggung dibandingkan dengan menjadi orang di belakang layar.


Si adalah Jenis Kecerdasan pada Memori (MQ)
·      Intisari Tentang Anda:
Kecerdasan Anda Sensing berarti merujuk kepada panca indera anda, yang membuat anda konkrit dan praktis.  Kecerdasan tersebut dikemudikan bergerak dari dalam ke luar, sehingga membuat anda suka berkelana, pandai meniru, dan hebat dalam berakting.

·      Sistem operasi otak berada di:
Belahan Limbik Kiri, Lapisan Putih (dalam)
·      Jenis kecerdasan:
Memory Quotient (kecerdasan pada ingatan)
·      Peranan:
Player (pemain/pelaku/pelaksana)
·      Kelebihan:
Efficiency (Efisien/ketepatgunaan/ketangkasan)
·      Target:
Connection (hubungan/relasi)
·      Harapan
Yielding (hasil panen kerja/gaji)
·      Arah Merek
Merek pada skala volumenya
·      Tabiat terhadap uang
Hemat
·      Bentuk Jasmani
Atletis yang besar
·      Kekuatan Jasmani
Otot merah besar
·      Fungsi Tubuh
Tenaga kuat
·      Personality (kepribadian) yang kuat yang dapat diriset  secara prikometrik:
Persistent                                         :  Gigih
Detailed                                           :  Melakukan segala hal dengan terperinci.
Recorder                                         :  Perekam yang baik.
Discipline                                         :  Disiplin
Careful                                             :  Hati-hati
Spirited                                            :  Semangat tinggi
Encyclopedic                                   :  Ensiklopedis (ingatannya seperti kamus lengkap)
Workaholic                                      :  Penggila kerja
Timeful                                             :  Perhitungan
Indifferent                                        :  Acuh tak acuh.

·      Empat Kata Kunci:
Mengingat, Otot, Rajin, Tergerak.

Kemistri Si adalah Mengejar Harta
·      Cara Belajar:
Merekam vocabulary (kosa kata), Dibahasakan bervariasi, Memainkan Peraga, Mengulang sambil menulis gerakan.
·      Mengingkatkan Minat Belajar    :
Dibangkitkan untuk lebih baik dari sparring-nya.
·      Klu diri:
Mencari Panggung untuk meningkatkan produktivitas.
·      Kemistri:
Mengejar Harta


·      Keutamaan Sekolah menuju karir di industri yang sesuai:
Keuangan, Transportasi, Perdagangan, Hiburan
·      Sekolah menuju profesi pilihan lainnya:
Ekonom, atlit, tentara, bisnis perhotelah, sejarahwan, bankir, pertanahan, dokter, jurnalis, keartisan, manufacturing (pabrik produksi), sekretaris, pustakawan, operator, pegawai/staf, penyanyi, pekerja pabrik, security, pelukis naturalis, fotografer, cameraman, presenter, penari, pekerja lapangandalam berbagai sektor, dll.

·      Sisi positif yang perlu dibina dan hal yang perlu diwaspadai dari anda sendiri:
Penuh ambisi namun mudah patah, penurut namun muncul rasa persaingan, berjiwa pesiar namun selalu ingin didampingi sparringnya, menjadi kamus atas segala problematika namun terkadang ‘blank’, cenderung kronologis dan fakta-sentris meskipun terkadang seperti bola liar dan tiba-tiba meyakini telepati, pelakon yang percaya diri namun terkadang menjadi pencemas, memang ulet dan tersusun namun disertai dengan bawel seperti Mr. Printilan.



Ciri & Kepribadian Sensing Extrovert (Se)

Kepribadian yang seperti berkelamin ganda.  Terkadang kokoh seperti laki-laki dan terkadang sangat manja seperti perempuan. Perempuan jenis ini kalau sudah menjanda akan cenderung menjadi single parent karena merasa tidak perlu orang lain, kewanitaannya dan kelaki-lakiannya seperti sama-sama ia miliki. Berjiwa petualang yang ingin pergi menjelajah semua dunia namun hatinya kerdil sering minder.  Hebat dalam hal bersilat lidah namun punya kekuatan sebagai pendamping yang menyenangkan.
Pembawaan sehari-harinya kalem, lembut, seperti seorang pemalas namun sesekali ia akan menjadi petir yang sangat kuat. Sosok yang begitu dermawan namun ia tidak akan menghabiskan semua hartanya karena ia selalu mau menyiapkan belanja untuk bersenang-senang.  Mereka jenis penikmat yang tiada tandingannya.
Dalam hal kemampuan mengingat keadan secara kronologis  mereka ahlinya dan itulah yang menjadi kekuatan dia untuk berdialog bahkan hingga debat kusir dengan lawan bicaranya. Kepribadian pekerja yang tangguh, namun mereka tidak suka bekerja dalam suasana ketidakpastian.  Mereka termotivasi dengan adanya  kepastian.  Meski ia jenis pendamping yang setia namun jika sudah dilukai adalah jenis kepribadian yang segera memutuskan untuk minggat. Jika dicederai akan mudah kabur.
 

No comments:

Post a Comment